Minggu, 31 Juli 2011

Bali-Komodo Trip: Day 2 (23 Juni 2011)

Pagi-pagi kami dibangunkan pihak hotel jam 5 pagi dan langsung sarapan, karena kami akan dijemput mobil untuk ke bandara jam 6 pagi. Flight kami menuju Labuhan Bajo dijadwalkan jam 8 pagi menggunakan Transnusa/Aviastar VIT 612


see.. tasnya besar-besar ya.. hahaha..
agak-agak mengkhawatirkan sih.. kami sudah tahu beratnya.. tapi yang kami gak tau adalah berapa jatah dari transnusa dan beban kelebihannya dikenakan biaya berapa. Ternyata, jatah dari transnusa cuma 15kg per orang dan untuk biaya per kg kena Rp.11.000,- sajah.. ihiy!! berani lah kalo segini mah.. bandingkan dengan AirAsia yang mengenakan Rp.90.000,- per kg


and this is how we spent time on the plane :-D


lumayan lah.. bobok sebentar.. secara kami tidur telat dan bangun pagi banget..hehehe..


eh ya.. pemandangan sebelum kami landing keren deh


Kira-kira jam 9.30, kami pun tiba di bandara Komodo, Labuhan Bajo.
Ternyata bandaranya kecil sekali, cukup lama juga kami menunggu bagasi turun, kayaknya gak ada porter deh.. jadi mesti angkat-angkat sendiri tas-tas yang begitu banyak dan beratnya.. untung kami tak perlu angkat tas-tas itu ke dalam mobil, karena pihak QueenScuba datang mengambil alih.
ini tas rombongan kami semua lhoo.. asoy kan?
tas-tas 11 orang sajah hahahaha


Dari bandara kami diantar ke pelabuhan, sekitar 10 menit bermobil deh.. deket kok ternyata. Sembari nunggu tas-tas kami datang, kami.... foto-foto dong! hahay!


urusan foto kami emang gigih sekali :P hahaha


dari pelabuhan, kami ditransfer menggunakan dinghy (boat kecil) ke kapal QueenScuba

dan inilah kapal QueenScuba..yiiihaaa!! keren yak!


Begitu naik ke kapal, kami semua di sambut oleh para cruise director, guide-guide, kapten kapal dan para ABK. Kami pun dipersilahkan menanggalkan alas sepatu kami dan dimasukkan ke keranjang karena sepanjang trip kami akan nyeker kesana kemari.. me likey!!!


Kami semua dipersilahkan untuk naik ke area makan dan mengisi form release
area makan di lantai 2

di area makan sudah ada papan tulis yang terpampang schedule harian


kelar urusan administrasi, saatnya bagi-bagi kamar..
Mike, cruise director kami pun menghampiri dan berkata "ladies, follow me, i will show your room, you've been upgraded to VIP room"
gue melongo, secara kami bertiga dan gue tau kamar VIP itu cuma buat 2 orang, jadi salah satu dari kami akan tidur sendirian gitu? gue melirik ke kertas yang di perlihatkan Mike. Mendelik. What????!!! Gue, Ayudha dan Gwen akan diberi masing-masing satu kamar sendirian.. ya.. SENDIRIAN!! barangkali kalo di bikin kartunnya, muka kami bertiga senyum udah sampe kuping kali hahahaha gue diantar salah satu guide, Komang, ke kamar. Dia berpesan bahwa crew kapal banyakan orang thai yang tak bisa berbahasa inggris jadi kalo perlu apa-apa bilang sama dia atau crew indonesia lainnya saja.. ah no problem laaah..


inilah penampakan kamar kami


dan di depan kamar, kami bisa menjemur baju-baju kami yang basah
nah ini adalah tempat kami berkumpul untuk briefing atau sekedar leyeh-leyeh nonton tv
eh ya.. baru juga sampe.. kami udah di kasih snack kek gini




Tak lama kemudian, Mike muterin kapal dan berteriak "brieeeeeeffffiiiiiiing!!!!"
kami semua masuk ke Saloon di lantai 2 untuk briefing dan kenalan sama para guide dll

kenalkan para guide kami..
dr kanan adalah Mike (Cruise Director), sebelahnya Heikki dan berikutnya Komang

Kami ber-sebelas dibagi 3 group.
group 1. dipandu Mike : Gue, Ayudha dan Gwen
group 2. dipandu Heikki : Ringgo, Unay, Tim & Chan
group 3. dipandu Komang : bang Iwan, bang Toga, Natalia dan Sam

Di hari pertama kami di trip Komodo ini kami akan melakukan 2 kali dive di Sabolan kecil dan Chrystal Rock. Katanya sih easy dive, supaya yang udah lama gak dive bisa kembali terbiasa.

Kami pun mulai bongkar-bongkar gear di platform luas..

BCD dan regulator kami nemplok semua di tabung-tabung, peralatan lain masuk ke kerajang dibawahnya dan wetsuit digantung di gantungan wetsuit diatas platform. Jadi selama trip kami tak perlu lagi bongkar-bongkar ini itu.. semua udah di platform.

Sabolan Kecil
Di Sabolan kecil, kami pun bersiap.
Semua peralatan dipakai di atas kapal dan kami pun berjalan ke dinghy untuk di transfer ke dive site-nya. Buat gue ini pertama kalinya pake gear komplit dan berjalan, eh ternyata gak seberat yang gue pikir.
Begitu sampai di dive site, gue baru mikir gimana caranya pake fins dengan alat berat nemplok di body gini, susah nekuk-neuk body.
tapi.. abk yang bawa boat cuma kasih isyarat ke gue supaya tenang, dia ambil fins gue dan dipakein.. hoaaaaaaaa... seneeeeeeeng!!! dimanja sekali sih..
setelah satu persatu dipakein fins, kami pun nyemplung..

uuh.. airnya bening.. kami liat schooling barracuda, orangutan crab, eel garden, giant trevalli, red stonefish dan masih banyak lagi.. hahaha gak apal gue..secara kurang ngerti jenis ikan juga sih.. itu juga hasil dikte dari Mike karena dia liat kami rajin ngisi log.. tsah! diver teladan :P

setelah kira-kira 1 jam muter-muter di dalam, kami pun naik dan kembali ke kapal buat late lunch..

menu lunchnya asooyy bukan..

free flow softdrink..ihiy!

Kelar ngisi perut, kami berlima iseng naik ke sun deck di lantai paling atas..eh gila.. keren abis!!!!

maka dengan ini kami tetapkan bahwa sundeck adalah kawasan favorit kami..hahahaha tiap surface interval pasti nyangsang disini..


Chrystal Rock
Kira-kira jam 4 sore, kembali Mike memanggil untuk briefing.
tiap kali briefing kami di tunjukkan peta kawasan divenya
juga dikasih tau di site itu bisa nemuin apa ajah.. jadi kami gak buta-buta amat sama tempat yang akan kami selami..

Di site ini pertama kalinya gue liat hiu..jenis white tip shark, lagi bobok sih.. tapi kan tetep hiu :P selain itu gue liat eagle ray, napoleon wrasse, lobster and many more lah..
Kembali ke kapal setelah 50 menit jalan-jalan..

sore ini kami dapet sunset yang cantik

malam pertama di kapal ini, kami semua tidur lebih cepat.. jam 8 deh kayaknya udah pada masuk kamar.. teler semua hahahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar