Kamis, 28 Juli 2011

Advance Open Water License

Tampaknya biar lebih manteb, kayaknya sebelum pergi ke komodo, gue ambil license advance open water (AOW) dulu deh..


Yang diuji selain teori (tentunya) ada ujian praktek juga
- performance buoyancy control (PBC)
- deep dive
- wreck dive
- navigasi
- night dive


Again, gue ngerjainnya di pulau pramuka 24-26 April 2011
yang ujian selain gue ada Tommy (FYI, Tommy ini baru ambil OW, tapi buoyancynya udah kece gitu *dengki*) trus Ayudha mengintil sekalian latian dive berbuddy sama gue persiapan komodo trip nanti. Instruktur mah tetep Igor PH dong.. ketambahan instruktur lain Kandis Semidang.


Day 1
berlayarlah kami ke pramuka via muara angke
perbekalan gue kali ini mini doughnut dan baso sosis..lumayan lah buat ganjelan sampe makan siang toh?


sampe di pramuka, kami gak bisa langsung masuk ke kamar karena masih ada penghuninya, jadi kami langsung gear-up dan siap-siap diving aja.


so..
diving pertama ini di pulau karya buat menguji PBC kami.
pemberat gue yang tadinya 6 dikurangi jadi 4.
*plung!*
kempesin bcd.. aih.. kagak bisa masuk *ngakak* kepalanya masih diatas, pertanda weight gue masih kurang berat, segede gini ajah gue masih kudu ditambain 6 kg lho..
setelah nambah 2 kg lagi, baru deh body bisa turun ke dalam.
putar sana, putar sini, main-main..


setelah makan siang di saung tengah laut, kami dive lagi yang ke 2 tak jauh dari tempat makan tadi.

malamnya kami dive ke 3, night dive. ini night dive gue ke 2 setelah di tulamben.. eh buset lama amaaad..
gue kok gak seneng ya night dive, was was gitu.. gelap semua.. gak seneng aja kalo gue gak bisa liat sekitaran walaupun pake senter ya.. jadinya gue dan Ayudha dive gandeng-gandengan hahahaha apalagi kami sempet liat yang uget-uget di bawah.. parno!

kelar makan malem kita kumpul-kumpul di kamar, kebeneran cuaca kurang enak, anginnya cukup kenceng. di kamar bukannya diem-diem doang sih.. kami pun foto-foto ganjen.. kebetulan kameranya Kandis dilengkapi timer yang sekali pencet bisa motret sekian serenceng shot

gak jelas gitu yeeeee..

Day 2
Pagi ini, Ayudha pulang :( abis dia mesti kerja sih.. jadilah kami tinggal ber 4

dive 1 di hari ke 2 ini ke tabularasa wreck, sekalian ngetes deep dive, jadi diatas gue dan Tommy disuruh ngitung itungan simpel, nanti di dalem ngitung lagi. dua-duanya di hitung kecepatan ngitungnya buat liat kami terpengaruh narcosis gak. ternyata di kedalaman 35an meter, kecepatan ngitung gue sama.. sama-sama 8 detik.. tapi Tommy malah lebih cepet hahahaha

kelar tes hitung, kami muter-muterin wreck sekalian naik, tiba-tiba.. lhoooh!!! ini kok ada arus tiba-tiba..*ngos..ngos..ngos..* cuma 1 meter ke tiang buat pegangan ajah kayaknya gak sampe-sampe hahaha untung ditarik sama Tommy.. dibikinin videonya sama Kandis.. tampak sekali gue kicking dengan koploknya.. bwahahahaha *malu*


dive ke 2 hari ke 2 ini ngerjain navigasi, setelah di brief Igor.. kami mulai deh.. yang tes duluan Tommy, gue ngikut buat jaga kedalaman, Tommy yang baca kompas.. disuruh bikin segi 4 yang nantinya kembali ke titik awal.

buuuuuuseeeetttt... arusnya kenceng.. mana butek banget jadi gak ada refrence.. 30 kick x 4 terasa amat lama dan jauuuuuuh banget.. sampe ke titik awal pun meleset jauh karena kedorong-dorong arus. mestinya abis Tommy, gue yang di tes, tapi gue udah megap-megap kecapean.. minta naik.. *nyengir-nyengir malu*

di dive ke 3 hari ke 2, Igor nyuruh kami berdua dive di depan.. bukan di pandu, belajar mandiri, Igor dan Kandis di belakang.. huooo..hahaha gue selama ini kan tergantung guide di depan gue.. sekarang mesti nentuin mau kemana.. sempet curi-curi nyari Igor or Kandis *ngakak* di atas.. diomelin "apaaaaa liat-liat.. nyariin kami yeeee.."

malamnya, gue dan tommy ngelarin knowledge review di nusa cafe.. ih asik tempat ujiannya..


Day 3
dive di hari ke 3 ini kembali ngulang navigasi.
kali ini gue duluan bikin segi empat itu. gue baca kompas, Tommy menjaga gue supaya gak naik turun kebanyakan. tapi ternyata Tommy mesti kerja berat, karena gue suka turun kebanyakan hahahaha.. udah gitu gue lupa pula, belok kiri atau belok kanan.. haddeeewwww.. untungnya tingkat kemlesetan dari titik awal cuma dikit.. jadi masih lulus lah..hahahaha..

giliran Tommy yang ujian, gue disuruh tunggu aja di tempat ditemani Kandis. yang nemenin Tommy ya Igor ajah.. ya udah.. gue foto-foto ama Kandis ajah :P ganjen optimal lah..


tommy pun kembali... dan kami.. lanjut lagi foto-foto :p



dan inilah kami yang udah lulus jadi advance open water diver :D
makasih ya Igor.. udah sabar sama gue hahaha muridnya yang ini manja plus bolot *ngakak*
makasih ya Kandis buat foto-fotonya yang kece.. semua foto disini Kandis yang bikin lhooooh..
makasih ya Tommy udah tabah jadi buddy gue selama ujian..
makasih ya Ayudha bela-belain ikut walau cuma 1 hari ajah..
*ketjup ketjup buat semua*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar