Kamis, 21 Juli 2011

Bali: Tulamben

Setelah tidur.. bangun lagi.. tidur bangun lagi.. akhirnya nyampe juga di tulamben..
Kami langsung menuju ke spot yang dinamakan "drop off"


Untung yang cewek cuma 2 orang, gue dan Ayudha, jadi barang-barang dibawain hahahaha gak usah gendong tabung dari shore, kami berdua tinggal masuk ke air sampe sepinggang, bcd + tabung dibawain, tinggal pake. manja! :P

Di site ini juga bagus.. buat gue sih bagus.. padahal kalo kata Ayudha, tahun lalu saat dia lagi ambil license, visibility lebih bagus lagi, partikelnya gak ada, bening banget. btw yaaaa.. maapin aja ya gue gak bisa nyebutin gue ketemu apa aja di bawah situ, gak kenal sama binatangnya sih. yaaah ada sea horse, ikan benjol di jidat (bumphead) lagi beriring-iringan, schooling ikan apaan gak tau, ikan bibirnya kuning dll banyak banget, liat view landscape kece aja gue udah happy hahahaha

kelar dive, kami semua digiring ke paradise buat check in dan leyeh-leyeh
yak leyeh-leyeh model gini.. gimana gak cepet matengnya?

Anyway, kami menginap di paradise tulamben dan disini punya teh endang bambang, namanya teh komplit, sebenernya teh biasa ajah tambah jahe sereh lemon dan madu, tapi semuanya pas..

Truuuus.. sorenya kami night dive dan ini night dive pertama gue.
Serem-serem asoy. Gue dan Ayudha ngintil sama Igor. Sebelum masuk air, Ayudha berpesan "nanti ya.. loe liat deh akan banyak light saber keren banget" hmmm...

Ternyata night dive tak seseram yang gue pikir, yeah.. gelap ajah sih.. gue sih gak seneng gelap-gelapan.
Kami bertiga berpisah dengan rombongan fotografer supaya gak ganggu, tau-tau Igor nyenter semacam dinding karang.. eh apa itu.. ooooooh ternyata itu lah USS Liberty shipwreck. puter sana.. puter sini..

Disini Ayudha ampir kejeduk bumphead, lagi nyenter-nyenter tiba nongol bumphead semeter di depan muka Ayudha, Ayudha kaget, bumpheadnya juga kaget. hahahaha..lucu aja liat muka ikannya kaget..

Otw balik ke shore, Ayudha colek-colek gue dan nunjuk ke arah kejauhan.. iiiih kereeeeeeeeeeen!!!!!! gerombolan diver kayaknya abis nyorot objek foto trus senternya serempak naik, dari jauh kayak lightsaber warna hijau dan biru.. kereeeeen!!!!

Begitu nimbul di permukaan tak kalah keren, disambut langit malam penuh bintang, clear sky, keren abis!!! Waktu turun tadi belom gelap, naik udah gelap banget jadi pemandangannya beda...

Nah dari spot dive, kami mesti balik ke hotel jalan kaki bawa gear, oh ooooh... ngos-ngosan bow.. lama-lama tentengan jadi berat, padahal gak bawa tabungnya cuma seperangkat BCD, regulator dan fins


Malam ini kami tidur lebih cepat, karena besok pagi mesti bangun lebih pagi buat sunrise dive


Sekitar jam 4 pagi, gue denger kresek-kresek di depan kamar, ternyata Wiwit yang baru tiba, yang kasihan blackberry dia ketinggalan di mobil yang dia pakai tadi dan gak bisa ditelpon mobilnya, plus ternyata tas isi gear gak sampai di bali, lhoooo!!! kemana tu tas? pihak maskapai penerbangan asik-asik ngelempar-lempar Wiwit. Gak mau tanggun jawab. Ngejengkelin.


Pagi, kami sunrise dive di USS liberty shipwreck spot.


agak kesiangan sih karena banyak yang telat bangun, Wiwit karena belom tidur dan gearnya gak ada gak ikutan dive disini.
btw kami keren ya di foto.. kata Wiwit yang motret "..ih kalian kayak band of brothers"

Di USS liberty ini kami dive 2 kali, di dive ke 2 gue sempet agak pusing, mungkin karena kebanyakan naik turun ngikutin kontur kapalnya, sempet liat baracuda yang lagi nyari mangsa..hiiiy!! giginya kayak gergaji.. gue juga sempet diajarin buoyancy sama Igor disini. Jadi bener? enggak..hahaha karena gue gak bisa diem *ngakak*

Dive ke 3 di area Tulamben ini dikerjain di "coral garden" eh bener gak sih? ya pokoknya gitu deh.. itu ya.. isinya hamparan anemon banyaaaaaak banget.. you know anemon? itu lhooo.. rumahnya nemo di film finding nemo. oh ya sebelum turun Igor bersabda supaya gue turun aja ikut yang lain, karena dia ngurusin Wiwit, jadi aja gue nempel-nempel ke Kirman, abis tadi sebelum turun Pras bilang bahwa disitu ada kemungkinan ketemu hiu.. hiiy!!!!

Kelar dive ke 3 ini, kami langsung mandi dan gedebag gedebug berbenah karena kami akan berpindah ke Sanur dan bobok di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar