Kamis, 21 Juli 2011

Bali: Nusa Penida

Wejangan Igor sebelum dive di nusa penida adalah
"..inget ya mia.. struggle dulu.. jangan nyerah sama arus lalu naek ke atas.."


ih! Igor tau aja gue gak kuat ngelawan arus :P


Jadi berarus ya nih? heuuuwww.. duh!


Jam 7 pagi kami di jemput di Puri Gopa Sanur tempat kami nginep buat menuju ke Nusa penida. Sebelumnya sarapan dulu dan nenggak obat anti mabuk karena konon lautnya agak-agak bumpy, daripada sampe nusa penida mual parah lalu gak bisa dive, mendingan nelen obat anti mabok deh aw..


Sampe di Chrystal bay, Nusa Penida, udah banyak kapal-kapal yang parkir. yah.. emang bulan-bulan ini musimnya berburu mola-mola atau sunfish



Tampaknya ini jadi medan terberat gue dari dive-dive sebelumnya nih..
berarus dan airnya dingin aja gitu katanya..ok deh...

Maka..

plung! backroll dari boat
beuh! dingin! sekitar 25 derajat deh biasanya kan 29-30an gitu
keknya sepele ya cuma beda 4 derajat tapi berasa boooowww...

Begitu masuk yang gue liat adalah siapa depan gue
ok.. itu Alloy, yang sebelah situ Dicky.. nah yang depannya Pras.. oh aman.. ayooowww kicking pantang mundur!!!!

*kayuh..kayuh..kayuh..*
berenti...
lho kok mundur?? wuh.. ada arusnya..
ayo jalan lagi..
*kayuh..kayuh..kayuh..*

sampelah kami di suatu tempat..
*ngos-ngosan*
keluarin reef hook..
tancep.. lho kok gak mau nyangkut..
tancep lagi.. lah kok lepas..
haaaadeewwww..
*clingak clinguk*
oh gitu caranya..
tancep.. nah baru nyangkut..
dan kami pun menunggu dipanggil para guide yang lagi mencari mola-mola ke bawah, kalo gak salah kami ada di kedalaman 28meter, konon mola-mola suka nongol di 40an..

Tak lama, Igor kasih aba-aba buat balik..
laaaah...pegi ada arus, kenapa balik ada arus juga yang mesti dilawan?
*ngos-ngosan lagi*

Dive pertama gagal dapet mola-mola..

Dari Chrystal bay kami pindah ke manta point buat dive kedua
Diwanti-wanti sama para guide airnya tetep dingin dan jangan terlalu lama dipermukaan karena ombaknya lagi bergoyang-goyang asoy.. huh!

plung!
Baru masuk gue udah sakit kuping karena telat equalize, untung ada Alloy, gue pegangan lah sama Alloy supaya bisa equalize, baru juga pegangan, Alloy tepok-tepok gue dan nunjuk ke bawah gue..
mak!!!
Ada ULAR!!! belang hitam putih panjang kira-kira 1,5meter... uget-uget.. kepalanya naik-naik!!!!
Gue lebay juga sih.. tu ular masih 3 meteran di bawah gue tapi kan ULARRRRR!!!!!! gue mencengkram jempol Alloy kenceng-kenceng.. sampe akhirnya Allow menuntun gue menjauh dari ular itu... hiiiyyy!!!

Gara-gara gue liat ular itu, gue selama dive jadi super waspada sama karang-karang di bawah gue.. senewen berat..

Airnya asoy lho.. surge.. jadi arusnya bolak balik kalo diem ajah asik.. kek diayun-ayun gitu tapi gue tetep waspada.. super waspada...

Sekitar 40 menit muter-muter, kami kembali ke kapal karena manta yang dicari gak ketemu, ya udah lah ya.. belom rejekinya..

Kelar buka gear bla bla.. tau-tau ada yang teriak "mantaaaaaa...!!!"
manta-manta itu muter-muter ajah gitu deket surface.. deket..
difoto keliatannya kecil ya... aslinya mah besar deh..

Ayudha, Dicky dan Ringgo kembali nyemplung tanpa tabung nyusulin Panji dan Alloy yang masih dibawah.. seru deh liat mereka ngejer-ngejer manta, gue mah liat dari atas aja deh, gak pede berenang lama-lama hahaha cupu!

Dari manta point kami balik lagi ke Chrystal Bay, makan siang dengan menu nasi padang lalu dilanjut jemuran!!
jemuran kok yaaa jam 2 siang, ya gak terasa panas-panas amat, cuma anget karena anginnya dingin, angin dari australia yang lagi musim dingin


Karena masih penasaran sama mola-mola, nyemplung lagi, gue kali ini ngintilin Igor dan Ringgo. Pada suatu titik tiba-tiba gue merasa kedinginan banget, gue balik dan nyangkut di karang, nunggu mereka balik aja deh. Nyangkutlah gue di karang terdekat barengan Aloy.

Gak lama Igor balik, trus manggil-manggil gue, dia suruh gue lepas glove dan menjulurkan tangan ke arah dia.. dan.. brrrrrr... lalu gue liat sekitaran.. oooh.. ini dia yang namanya thermocline kayak air gula gitu.. pantesan dingin banget... bisa sekitar 20 derajat gitu ....brrrrrrr...

Di dive ke 3 ini pun kami gak ketemu mola-mola, gak rejekinya kali yaaaaa..

Gue minta naik lebih dulu, karena tiba-tiba agak kliyengan..
Belakangan baru ketauan rupanya gue mens..
oh mungkin tekanan darah gue turun ya.. *sok tau* hahahaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar