Minggu, 07 Agustus 2011

Bali-Komodo Trip: Day 7 (28 Juni 2011)



Schedule kami hari ini adalah

Pagi ini kami akan nyemplung di:
Pulau Tengah

ada sedikit arus, enak sih.. gak mesti kick/paddle.. light drifting deeeh..
ikannya banyak berhamburan gitu.. warna warni.. ada hawksbil turtle, scribbled filefish, dogtooth tuna, peacock mantis shrimp, canolus sp, whip coral partner shrimp


nah.. buat ngeliat whip coral partner shrimp ini mata gue mesti juling sejuling-julingnya.. 
Mike manggil kami buat liat.
Dia tunjuk sea whipnya. 
Gue liat balik ke Mike dengan mata kosong pongo karena gak nemu apa yang dia tunjuk-tunjuk
Ditunjuk lagi whipnya pake pointer. 
Gue juling.
Tetep gak bisa liat apa yang ditunjuk. 
Liatin Mike lagi (ah bilang aja pengen liatin Mike..ya kan? :-P ) 
Mike nyuruh mendekat ke arah whip yang ditunjuk, udah sejengkal antara whip dan masker, pointer Mike nunjuk ke satu titik. NIH! 
hyaaaaaaaaa aaaaaaampoooooooooon!!! shrimp yang ditunjuk tuh yaaaa sewarna ajah sama whipnya.. sama-sama ijo dan gedenya adalah... gak sampe setengah centimeter ajah dong ah.. *manyun*


ini juga salah satu kegiatan paling asoy di kapal.. 
surface interval.. abis makan.. mengangin-angin body.. sembari ngelamun gak jelas :-P


okeh.. supaya kebayang airnya kayak gimana.. bersihnya.. ada fotonya nih.. penting banget :-D

Tiba-tiba Gwen memberi kabar kalo ada sinyal. Semua berhamburan ke cabin masing-masing buat ambil gadget. Semua orang bahagia kayaknya liat sinyal nongol disini, semua menggenggam gadget masing-masing.


Semua berusaha menghubungi orang-orang yang dirindu, terutama gue sih, nelponin emak gue karena emak gue hari ini berulang tahun.. untuuuuung ada sinyal.. fiuh! Soalnya begitu gue liat ke blackberry kelar dive pagi, ada bbm emak gue yang protes "kok mia lupa hari ini mama ulang tahun siiiih malah ngasih pesen-pesen yang lain" secara yaaa ada gak ada sinyal, gue dongeng ini dan itu, pokoknya tulis dulu.. send dulu.. perkara kapan sampenya gimana ntar kali.. maka begitu liat sinyal berjaya, tak hanya membalas bbm, seketika gue telpon saja lah :-p keburu ilang lagi sinyalnya
HAPPY BIRTHDAY MOM!!
ini anaknya baek-baik saja dimari, kulit menghitam, kejemur melulu, makan teratur, dive belon bolong, diurus dengan baik sama crew kapal.
Emak gue pun senang. Telepon pun beralih ke babenya. Babe pun turut gembira dengar suara anak perempuannya yang cuma satu ini terdengar baik-baik saja dan happy banget..


ah susah ya kalo jadi anak ketek, dicariin emak babenya melulu..
hahahaha ehh itu kan pertanda disayang toh


Tatawa Besar

Dive berikutnya disini.
Tampak seperti danau yak.. 
Di dalam airnya beniiiiiing banget, 30 meter aja sih lewat deh viz-nya.. 
Ada shaded batfish, harlequien sweetlips, spine cheek anemonefish, baramundi cod, western anemone fish, oblique banded sweetlips, napoleon wrasse


Makan siang yang menyenangkan, parade karbohidrat :D

lalu jemuran *tetep* dan foto-foto *lagi*


Sembari nunggu dive berikutnya dan dengan semangat supaya punggung gak belang ketika dijemur, sebelum tengkurep gue melepas tali bikini.
Ada 1 hal yang gue lupa.
Bahwa alas jemuran itu terbuat dari plastik yang sudah terjemur beberapa jam dibawah sinar matahari berkobar-kobar..
Gue bersiap mau tengkurep di alas, 1 tangan megangin bikini yang udah lepas talinya, 1 tangan siap-siap menyangga body. Begitu tangan itu nyampe di alas jemur NYOS!! kaget gue.. panas banget!!! dan.. tangan yang lagi megang bikini pun refleks terlepas, bikininya naik ke atas.. lalu.. isi bikininya.. ya.. you know.. isinya..terbuka ajah gitu.. hadeww.......
Dari arah kursi depan gue,
Unay teriak "miaaaaaaaaaaa... udah seminggu iniiiiii gak ketemu biniiiiiii wooooyyyyyy!!"
Ringgo pun teriak "miaaaaaaa.. jangan diulang lagiiiiii!!!!"
Sapah juga yang mau ngulaaaaaang.. hadeh!


Tatawa Kecil a.k.a Current City

wah.. current city.. namanya aja udah sangar gitu ya, kebayang kan apa yang bakal di dapat disitu?


di briefnya, 3 guide kami sudah mewanti-wanti.
"quite strong current"
"how strong?"
"we saw somebody rafting in there" Heikki menjawab dengan muka serius
okeh.. kenceng deh..
"don't worry.. just follow the current" Mike menghibur


Gak tau kenapa ya, setelah berhari-hari diving, berikut dengan segala troublenya, dibilangin bakal ada arus kenceng kok ya anteng-anteng ajah, berbeda dengan waktu mau ke Komodo ini. Mungkin ini yang disebut siap mental, jiwa raga.. halah!
kami pun bersiap dan bukannya siapin mental akan arus kenceng, kami tetep giat foto-foto




Mike dan 3 anak asuhnya :-D






coba deh liat celana Mike, suatu kali dia pernah mendekati kami dan berkata
"ladies.. i know you're talking about my pants behind my back.. "
*muka diserius-seriusin*
dodol! Ge'er optimal gitu hahahaha lagian sih celananya kembang-kembang gitu.. emang jadinya pengen kita omongin sih





Mula-mula yang turun rombongan Heikki duluan. Kami tunggu beberapa menit, baru giliran kami berempat yang turun. Sengaja dibedain tempat dan waktunya supaya gak uyel-uyelan di satu tempat katanya. Lagian tempat group Heikki turun, arusnya kenceng. Yaaah.. sebenernya dimana pun sama sih.. cuma Mike milihin tempat yang tak terlalu jauh gitu deh dari pengkolan yang mesti kami lewati. Secara kami kan perempuan. Repot juga buat dia mungutin kami kayaknya bila ada apa-apa.
Saking kenceng arus dibawah, dinghy pun geser-geser melulu saat nunggu group Heikki turun.
Group kami pun akhirnya turun seperti biasa, backroll dari dinghy.
*plung!!*
Dengan pengalaman lepas fin di arus kemaren, gue lebih waspada dan sudah tau mesti apa kalo di arus keras gini. Begitu masuk, deflate bcd dan langsung kepala turun kebawah ngikutin Mike. Lancar. Terasa arus nyeret-nyeret. Gue benerin posisi dan ngatur buoyancy supaya driftingnya enak. Baru juga berdiri, ngebenerin posisi dan gear, gue ngerasa kaki kanan gue melonggar... HADOH!! fin gue mau lepas lagi!! buru-buru gue tarik finnya sebelum terlepas karena arus kali ini lebih keras dari kemaren di Castle Rock. Gue peluk fin gue pake tangan kiri. Tiba-tiba tangan kiri gue ada yang nangkep. Oh ternyata Ayudha. Aman deh gue. Paling gak gue gak sendirian. Lalu Ayudha berpindah ke belakang supaya gue lebih bebas bergerak.
Gue perpikir, gue harus berenti dari seretan arus ini supaya bisa pake fin. Gue liat ada karang bunder warna kuning, kalo gak salah itu keras dan kayaknya gak ada stone fish juga deh. 
siap-siap..
*hup!* gue berpegangan di coral kuning itu sekenceng-kencengnya dan..... gue tetap terseret arus!!!! jari-jari gue pun sobek.. aaaaarrrggghh..!!! darahnya kehitaman keluar.. uhu uhu uhu..
tapi gue mesti berenti, akhirnya gue berhasil pegangan di karang berikutnya. Begitu juga Ayudha.
Akhirnya Mike liat kami dan nyusul.
Lalu leading kami ber 3 ke arah gua kecil yang tak jauh dari situ. 
Napas gue udah ngos-ngosan karena keplanting-planting arus dan berusaha nyangkutin diri.
Mike pasang hook di langit-langit gua, tangan gue yang pegangan sama langit-langit gua disuruh pindah ke tali hook dia dan fin diambil buat dipasangin ke kaki gue, tapi sebelum dia turun ke kaki gue, Mike nunjuk ke dalam gua dan kasih kode "nudi branch" ke gue.
Eh buset, segitu grabag grubugnya aja dia masih bisa liat ada nudi branch lho..  lumayan gede sih segede jempol tapi ya tetep ajah gitu lho ah.. kok ya sempet ajaaaaa.. hahahaha mengalihkan perhatian banget sih.. gue yang tadinya sibuk ngatur napas jadi agak teralihkan perhatiannya liat nudi branch :-p
Kelar beresin gue, Mike lead keluar dari gua dan melipir naik ke atas mencari tempat yang agak tenang dari current. Gue berusaha semepet mungkin ke karang-karang yang di lewati supaya gak keseret-seret arus.


Oh ya tadi sebelum masuk gua, gue sempet liat ada orang yang lagi snorkel di permukaan, itu lagi ngapain ya? tentunya mereka liat gue dan Ayudha keplanting-planting.


Di tempat yang agak tenang arusnya sih asik buat main-main, soft coralnya kayak karpet (eh itu soft coral bukan ya jenisnya?) iya lho kayak karpet bulu gitu warna coklat.. keren banget.. trus diatasnya banyak ikan kecil-kecil. Menghibur sekali, setelah kejadian tadi hahahaha sampai lupa kalo tabung isinya tinggal dikit, tinggal 15 ajah. Jadi sepanjang safety stop gue gak jauh-jauh dari Mike. Mike sih bilang supaya gue tenang ajah, octopus dia selalu siap *tepok-tepok octopus* tetep aja kan yaaa kalo kejauhan keburu panik duluan kali.. 


Di atas kapal, Khao salah satu abk, begitu liat tangan gue berdarah-darah langsung ambil alkohol, betadine dan plester. Ih baik banget sih.. 
Pas dikasih alkohol.. mak nyuuuuusssssss... rasanya sampe ke ubun-ubun perihnya bwuhuhuhu





Sembari ngemili snack sore, pada cerita deh betapa hebohnya tadi dibawah.
Kalo menurut versi Ayudha, dia liat gue udah pegangan sama fin lalu dia inisiatif memperlambat dengan memperberat gue, maka dia tangkep gue. Ternyata gak efek sama sekali hahahaha


Kalo menurut versi Ringgo, dia bingung liat kami berempat lagi ngapain di dalam gua, pemandangan aneh sekali katanya. Gwen nyangkut di langit-langit gua kayak adegan di film clifthanger, Ayudha juga begitu. Gue lagi lagi diurusin Mike. "sebenernya kalian itu lagi diving atau lagi rock climbing sih?" hahahaha


Ringgo juga cerita, dia keseret-seret arus yang membingungkan. Dia meratiin arah ikan. Sebentar ikannya mengarah ke atas, sebentar ke bawah, sebentar ke kiri, sebentar ke kanan.. hyaaah!! ikan ajah keplanting-planting gitu..padahal si ikan dilahirkan di laut, apa kabarnya kita yaaa.. hahahaha





Wainiloo
Sore ini kami kembali ke Wainiloo buat night dive lagi disini.




Seperti hari-hari sebelumnya, sunsetnya bagus.. seolah-olah mataharinya bocor gitu..


Sebelum turun main air, gue pesen-pesen sama Mike, kalo liat ular atau sebangsanya, gue gak usah dikasih liat lah.. bikin senewen ajah.


Taunya beneran, di dalam waktu lagi senter sana sini, tau-tau Mike towel-towel gue dan nyuruh gue tutup mata, gue bingung. Akhirnya dia kasih liat snake eel yang kemaren lagi.. bwahahahaha.. gue lompat lagi menjauh. Di kapal kelar dive dia bilang "i told you mia to cover your eyes.. but you didn't understand.. hahahaha"
Disini kami liat : reef squid, con fish, stary night octopus, bobtail squid, anemone hermit crab, crocodile flat head, spiny flat head, frog fish, reptilian snake eel, ceratosoma tenue, thecacera sp


Sebenernya malas sih night dive, tapi ini night dive terakhir di trip ini dan kami mendambakan handuk ngepul-ngepul di akhir dive itulah yang menguatkan kami tetep diving malam ini.. ahay!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar