Rabu, 03 Agustus 2011

Bali-Komodo Trip: Day 4 (25 Juni 2011)

Wakey..Wakeeeey!!!


huoh! udah pagi ajah..
Bangun
Cuci muka
Gosok gigi
dan langsung nakring di area makan sembari nunggu Briefing




Castle Rock @ Gili Lawa Laut


Pagi ini kami akan dive di site ini. Di briefingnya, Mike udah ngasih tau bahwa di site ini, arusnya lumayanan.. tapi dengan adanya kemungkinan ketemu schooling shark.. urusan arus agak-agak kelupaan deh..hahahaha..


Seperti biasa kami turun berempat, backroll dari dinghy, gue langsung memutar body mencari Mike, gue liat mike udah turun dengan posisi kepala di bawah.. wah.. kudu cepet-cepet nyusul nih.. karena udah cukup jauh jaraknya..tak lama Mike memutar dan nyuruh kami semua supaya segera turun, gue liat Gwen dan Ayudha masih agak jauh dari gue. Gue tetep melanjutkan usaha kicking. Makin lama terasa kok makin keras ya arusnya. Napas mulai boros. Yang tadinya gue cuma kicking, mulai pake tangan biar lebih maju *ngakak*. Rasa-rasanya sih gak berobah, soalnya gue liat ikan di dasar kayaknya masih disitu-situ ajah. Tiba-tiba, gue ngerasa kaki kanan gue enteng seketika, gue liat.. LHO!!!! fin gue lepas satu!!!!! pegimana ini!!! gue muter body.. tunjuk-tunjuk fin...lalu.. pasrah.. pegimana iniiih.. gue ada di kedalaman 15meter kayaknya.. jauh keatas.. jauh juga ke bawah.. dasar keliatan.. atas juga keliatan.. oke.. hmm.. ya udah gue nenggelemin diri dulu deh ke bawah. Gue deflate bcd gue sampe abis bis bis, lalu gue merangkak ke karang terdekat, hook myself, lalu gue liat divecom.. wah 30,5m.. gue liat Mike nengok ke arah gue, manggil-manggil buat ke atas.. gue? sembari pegangan tali hook gue naikkin kaki kanan gue memperlihatkan bahwa gue kehilangan fin bwahahahaha.. tak lama tiba-tiba Ayudha menghampiri membawa fin gue. Huuuuuooooo... Ayudha.. you save my fin and my life.. ihiy! Mike datang menghampiri dan membantu gue pake fin lagi, lalu kami berempat melipir diantara karang-karang dengan sedikit merangkak karena arusnya cukup kenceng, sampe di atas sekitar kedalaman 6 meter, kami berempat safety stop dengan menyangkutkan diri ke dinding karang, agak sulit juga nyangkutnya soalnya dindingnya rata gitu. Setelah sukses nyangkut, gue perhatikan, lah pemandangan gue kok dinding gini. Gak asik! Karena panjang, gue muter body gue supaya bisa liat pemandangan ke arah sebaliknya, sapa tau ada yang menarik. Baru juga kelar membenahi posisi berdiri, apalagi dengan arus yang membanting-banting, tiba-tiba gue liat ada bubble diver nongol depan gue. eh siapa itu.. tak lama nongol kepalanya, oooooh rupanya Ringgo. Gue liat, Ringgo kasih hand signal bahwa dia kehabisan udara. Gue konfirmasi. Betul! dia kehabisan udara. Gue usaha menggapai-gapai Mike yang lagi benerin posisi Gwen dan ngasih tau dia kalo Ringgo keabisan udara beberapa meter dari kami. Mike memutar body, konfirmasi, dan nyuruh Ringgo mendatangi dia. 5 menit safety stop kami pun selesai. Gue, Ayudha dan Gwen disuruh naik duluan. Ringgo belom bisa naik karena deco. Begitu kami lepas hook.. syuuuuuttt... langsung naik ke atas.. sampe di permukaan kami dijemput sama dinghy. Diatas dinghy udah ada Unay, rupanya Unay shoot up hahahaha.. kami semua ketawa-ketawa apalagi gue yang lepas fin. Duh! gak dapat schooling hiu malah heboh sama cerita-cerita fin lepas dan udara Ringgo yang habis. Tetep SERU!!! Di kapal baru deh pada cerita, Ayudha tadinya gak nyadar kalo fin gue lepas, karena liat gue nunjuk ke fin, baru deh dia tau itu fin gue, dikejar sampai dapat. Ayudha dan Gwen berjuang turun. Duuuuuh.. *ketjup ketjup semua*


Mari kita sarapan setelah kehebohan arus yang ngagetin tadi


Sarapan yang membahagiakan yaaaaaa... hahahaha...


Lighthouse Reef

Dive ke 2 kami hari ini di sini. Easy dive karena arusnya gak kenceng, cuma surfacenya aja agak choppy, naik turun dinghynya agak susah karena bergoyang-goyang.


Kelar dive, kamipun makan siang dengan menu seperti ini


Chrystal Rock
Disini kami dikasih tau kalo akan liat shark lagi dan biasanya arusnya juga cukup kenceng. Tabah!
Bener aja. Arusnya lumayan. Tapi yaaa..masih bisa ditanggulangi deeeh.. group 1 dan 2 yang tadinya misah karena entrynya gak bareng, ketemu di satu site, hooking dan nonton schooling shark yang lagi muter-muter. Ih deket banget, saking deketnya bisa liat matanya lirik-lirik sana sini.. hiiy!


Nah.. yang asik nih.. begitu naik ke boat, lepas gear dan wetsuit, juice pisang duiiiiingin menanti.. sluruuppp!!!
lalu..
ada somay dan vanila ice cream buat snack sore.. yiiiha!!!




GLL Bay




Night dive hari ini disini. Cukp banyak juga yang diliat. Nudi branch, eel item gede banget, halaqueen, hairy squat lobster, chelidunara amdena, junnuba funebris, painte spiny lobsterm yellow boy fish
Kali ini divenya gak terlalu malem, jadi masih agak-agak terang walaupun gak pake senter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar