Jumat, 05 Agustus 2011

Bali-Komodo Trip: Day 5 (26 Juni 2011)

ini adalah jadwal kami hari ini


Shotgun
Seperti yang terlihat di peta, site ini terletak diantara Gili Lawa Laut dan Gili Lawa Darat. Ditengah-tengah selat, ada basin, jadi nanti kita akan turun ke bawah. Kenapa disebut Shotgun? Karena begitu keluar dari basin itu, kita akan terdorong oleh kencangnya arus, jadi seperti tertembak saking kencangnya. I think it will be so fun.


Seperti biasa, yang turun duluan group Mike dan Heikki. Agak-agak butek sih.. tapi ya masih keliatan sana sini kok. Begitu turun ke dalam basin, lebih butek lagi, mungkin karena arusnya muter-muter ajah disitu ya. Coral disini gendut-gendut dan sehat-sehat. Bagus banget. Jadi kami berputar-putar beberapa kali liat soft coral, baru kemudian keluar dari basin. Sayangnya, arus diatas gak terlalu keras, jadi cuma sedikit terdorong, kalau kata Mike "well.. it's not a shotgun, it's only a popgun" hahahaha Begitu keluar kami ambil arah ke kiri ke sisi Gili Lawa Laut, disini tak kalah kerennya, bening dan soft coralnya melambai-lambai cantik. Di site ini kami lihat white banded crab, napoleon wrasse dan yellow edge moray, selain tentunya ikan-ikan lain yang gue gak tau namanya apaan hehehe


Batu Bolong
Di briefing, kami dikasih tau tentang kemungkinan arus yang kuat, tapi ternyata tidak ada arus sama sekali.. lega..by the way.. gue sempet agak senewen karena bcd gue gak mau inflate dan ada bunyi mendesis keluar dari dekat inflator, untungnya Mike bisa betulin setelah dicopot dan dikencengin ulang. Kayaknya gue masalah melulu deh hahahaha Ikan di site ini brutal sekali banyaknya, saking banyaknya di kuping kedengeran bunyinya lho.. dan airnya bening banget.. pokoknya aquarium dive lah.. oh.. menurut dikte dari Mike, yang kami liat antara lain adalah discodoris (nudi branch), nembrotha purpureolineolata, schooling fussilier (ikan biru neon), blue fin, giant trevally, turtle dan anthia.


Takat Makassar Reef
hweeee.. di site ini log gue menunjukkan angka 50.. yeay!!! gak nyangka gue akan sampe juga di angka itu, dulu waktu gue mulai diving, gue gak mikir akan sebanyak itu log gue hahahaha.. ternyata sampai juga!!
Disini kami liat pick handle barracuda, giant morray, turtle, black tip shark, white tip shark, blue spotted ray, pink whip ray
Saking seringnya kami liat shark, nyaris tiap dive, yang tadinya kami pengen banget ketemu sampe bosen sendiri liatnya.. hahaha belagu!!!


ah ya, kegiatan favorit kami selama surface interval ya kayak gini
so.. no wonder kan kalo kulit gue mateng.. begitu naik kapal, langsung jemuran, kapan baliknya kulit pucet gue yeeeee...


Pink Beach
Kami tiba di site ini udah sekitar jam 5.30 sore, udah mulai gelap ditambah awan, jadi lebih gelap deh..
Biarpun agak-agak gelap, dengan semangat foto-foto di darat, kami request buat diantar ke pantai. 


bukan cuma ABK yang antar tapi 3 guide kami pun ikut mengantar hahahaha baik banget yaaa.. eh difoto gak keliatan pink ya pasirnya?
nah disini lebih keliatan kan?
kami juga bawa barang bukti bahwa kami telah tiba di pink beach lho
barbuknya apa? ya tentu pasirnya dong.. niat! hahahaha


eh ya, kapal kami kalo malem teraaaaaaang sekali.. 


oke..
disini kami akan night dive


Di briefingnya, Mike udah ngasih tau kalo tempatnya sempit, jadi nanti turunnya gak barengan, memberi kesempatan group lain supaya gak uyel-uyelan di bawah situ. Itu teorinya. Prakteknya mah tetep ajah kita uyel-uyelan, cenderung sengaja uyel-uyelan sih *fitnah* hahahaha apalagi gue kalo night dive bukannya nyari ikan atau apalah, malah sibuk nyari buddy supaya jangan jauh-jauh.. 


Saat makan malam, Mike mengumumkan bahwa kapten memutuskan untuk berangkat ke selatan ke arah Manta Alley.
Biar ada bayangan peta kawasan taman nasional komodo seperti ini:
jadi selama ini kami main-main di atas, sekarang kita mengarah ke bawah. Konon banyak kapal yang gak berani ke arah situ karena ombaknya cukup tinggi. Maka mesin kapal akan nyala sekitar jam 4 pagi, supaya jam 7 udah sampai di sitenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar