Sabtu, 06 Agustus 2011

Bali-Komodo Trip: Day 6 (27 Juni 2011)

Kira-kira jam 4an pagi, gue kebangun, gue denger mesin mulai dinyalakan.. Manta Alley here we come!!!


Gue tidur lagi.


Bangun kira-kira jam 6an, sunrisenya keren banget
gue agak susah juga motret dengan horizon yang rata, karena kapalnya emang goyang-goyang asoy.. jadi benarrrr adanya ombak di selatan lagi heboh yeee..


oh ya.. salah satu hal yang gue seneng selama dikapal adalah NYEKER!
dengan lantai yang begitu bersihnya di setiap bagian kapal, siapa yang gak betah buat nyeker kian kemari toh?


Schedule kami hari ini adalah
jadi kami disini akan 2 kali dive di site yang sama


Manta Alley


Namanya aja udah Manta Alley yang berarti gang Manta :P 
tentunya Manta akan uyel-uyelan disini ya..


Sebelum dive karena gue sebenernya masih pilek berat, gue nelen rhinos dan nyemprotin obat hidung, supaya gue lebih mudah descend dan equalize. Itu teori. Prakteknya gak gitu juga.


Di dive 1, kami group Mike turun ber 4.
Baru juga kedalaman sekitar 8 meter, gue udah kesulitan buat equalize. Nelen, goyangin rahang, blowing nose sampai ke mask clearing gak juga sukses bikin kuping kanan gue lega, gue liat Mike, Ayudha dan Gwen udah dibawah gue. Kalo gue maksa turun, kuping gue kayak ditusuk-tusuk, ya udah deh gue stay dulu diatas sembari nunggu kuping gue "lepas" gue naik sedikit, tiba-tibak CRACK!!! wadoh!! kuping gue kenapa kok kayak gitu bunyinya. Panik! Gue pun sibuk mukul-mukulin tabung pake pointer, agak lama juga mereka menyadari bahwa gue manggil, soalnya kita semua pake hood (the bad thing if you're using hood, makes you budeg :P). Untung Mike nengok dan menyusul gue ke atas, gue udah kesakitan walaupun gue udah berusaha naik sendiri sedikit-sedikit buat release tension. Tangan kiri gue dipegangi, diajak naik. Gue mikir, duh.. gue gak bisa turun nih kayaknya.. Lalu gue liatin Mike, di jarak antar muka cuma 2 jengkal, gue jadi liat mata Mike, aih.. matanya lucu amat, selain warna matanya yang gue sebenernya gak jelas warnanya apa, kayaknya biru keabu-abuan, bulu matanya berkedip-kedip lucu.. hoaaaa!!!! gue terhibur, sakit kuping terlupakan.
Tak lama Mike kasih sign OK? gue jawab OK. lalu gue tengok divecomp, lho! udah di 18meter ajah!! tak terasa.. matanya membius!! halah!! hahahahaha kami pun melanjutkan dive. 


Disini ini kami liat 7 manta muter-muter, cantik banget.
Kami nemplok serapat mungkin di dasar laut, supaya gak ganggu Manta yang lagi muter-muter yang lagi cari makan. Sempet ada manta yang datang mendekati, gue kaget sendiri dan beringsut minggir. Gede dan hitam. Katanya Manta emang suka pengen tau kalo liat bubble. Saking asiknya tabung gue udah 20bar, kalo gak ditanya barangkali juga kebablasan. Di surface gue liat tinggal 15 hahahaha


Kelar sarapan, gue dan Ringgo naik ke sundeck buat goler-goleran. Baru juga duduk, gue sempet liat di kejauhan ada bayangan sirip naik. Ringgo bilang mungkin itu Manta yang lagi cari makan. Oh iya juga ya..
Gak berapa lama kami turun, buat siap-siap dive berikutnya, tiba-tiba Komang teriak "whale!!!" eh bener lho.. pausnya timbul tenggelam di seputaran kapal kami. Keren! jadi bayangan yang tadi gue liat rupanya paus. 


Dive ke 2 kembali kami lakukan di manta alley. Kali ini gue udah gak kesulitan equalize. Ketemu manta, tapi cuma beberapa aja lewat-lewat. Dari jauh Mike manggil kami buat mendekat sembari mengacungkan 2 tangan "10" ...wah.. 10 manta!! kami pun berenang buru-buru ke arah Mike. Bener aja, mantanya berjejer-jejer.. banyak! karena arusnya kenceng, kami sampe hooking dan pegangan ke karang. Gue sempet dapet "rezeki" kena pup-nya manta.. euuuuww!!! Mike memberi tanda agar kami bergeser ke samping, arus makin keras. Kami semua udah kayak layang-layang, berpegangan di tali hook, kalo di foto keren tuh, 9 diver terombang ambing kena arus :D setelah dihitung ternyata bukan 10 tapi 16 manta yang berjejer diem dan mangap-mangap menyambut makanan yang lewat. ih! keren baaaangeeetttt..


Tumben, disini isi tabung gue agak awet. Ayudha yang biasanya lebih irit dari gue, kali ini dia bersisa 20bar, gue masih 50 bar.


Kami naik ke kapal dengan wajah bahagia.


oh ya, disini juga ada site namanya German Flag
Dinamai german flag karena di site itu ada dinding yang warnanya kayak bendera jerman, hitam merah dan kuning.


Kelar makan siang, Mike mengumumkan bahwa kapal akan jalan dan kembali ke utara. It will a bumpy ride. Ombaknya besar.
Kami ber 5 naik ke sundeck, goler-goler sampe ngantuk dan kami memutuskan buat tidur siang disitu. Tiba-tiba kursi yang kami tiduri bergeser keras, kami semua bangun, ooh.. ombaknya besar, kursinya geser.. lalu.. tidur lagi.. sempet kebangun lagi karena lagi-lagi kursi bergeser, gue liat Gwen dan Ayudha menghilang, pindah tidur ke cabin kayaknya. Jadi tinggal gue, Ringgo dan Unay. Kembali tidur lagi. Kebangun lagi karena matahari memanaskan muka, kali ini tinggal gue dan Ringgo. hahahaha


Wainiloo
setelah kebanting-banting ombak, tibalah kami di wainiloo bay.


Kami sempet minta diantar ke pantai, pengen foto-foto (lagi!) Banyak lumba-lumba lho disini dan membuat Unay dan Ayudha terjun buat freedive dan snorkling




night dive kali ini, Gwen dan Ayudha gak ikutan. Ayudha baru mens dan Gwen malas. Gue? tetep dong.. disamping ngejar log, kan lumayan ada Mike heuheuheuheu..


Udah hari ke 5 di komodo (hari ke 6 trip) pake wetsuit udah berasa perjuangan deh..mulai minta tolong sana sini, untung ABK siap dan sigap membantu narik-narik wetsuit, cuma kalo pake vest yang emang ketat, gue minta tolong temen aja deh..
para ABK juga kayaknya kasihan gue berjuang banget pake wetsuit hahaha


karena anggota group Mike berkurang 2 orang, jadi group Mike dan Heikki digabung turunnya


Sepanjang dive, gue gak jauh-jauh dari Mike. Tetep senewen sama gelap-gelap. Lagi asik-asik senter dasar laut yang berpasir, tiba-tiba gue liat ada binatang melata totol-totol..huooo!!! apa itu!!! it look like snake!!! gue kaget, cepet-cepet naik dan nemplok di tabung Mike. bwahahahaha.. goblos! Sempet ditanya Mike sih apakah gue mau naik ajah? tapi karena gue gengsi, baru juga berapa menit turun, gue putuskan tetep ajah diving, tapi gak deket-deket dasar laut. Parno!


Di kapal, Mike kasih tau, yang gue liat itu bukan sea snake kok, tapi cuma juvenile snake eel. ya tetep aja ada snake-nya toh? selain snake look-a-like eel, gue liat painted frog fish, thecacera sp, coeloplana sp (benthic genophdre), chlamydas moray, juvenile vimbiated moray, bobtail squid, shortfin lionfish, flying gurnard, spiny flathead. Lumayan banyak ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar