Senin, 07 Juli 2014

Raja Ampat: Wayag-Kabui

Setelah berbulan penantian dan cicilan yang menggetarkan jiwa, akhirnya tibalah hari keberangkatan kami ber 9 ke Raja Ampat... yeay!! \( ^ ^)/

Sesuai kesepakatan kami berkumpul di terminal 1B jam 7 malam, mengingat bagasi kami akan besar-besar berat dan akan check-in bagasi bersama.


Perjalanan ini kami menggunakan Sriwijaya Airlines dengan jadwal keberangkatan 00.30 WIB tiba di Makassar 03.35 WITA dan lanjut ke Sorong dengan ketibaan 08.00 WIT. Lama ya. Iya Lama. Apalagi gue dalam keadaan sakit punggung karena beberapa hari jelang keberangkatan ini, gue nginep di RS, nemenin nyokap yang lagi opname.

Liat perbedaan tampilan kami saat berangkat dari Jakarta dan tiba di Sorong
kok gak ada bedanya??? ya emang gak ada bedanya.. seger selalu, selama cukup makan hahahaha soalnya di Makassar dini hari, kami jajan sembari nunggu flight berikutnya. Jajan apa? jajanan khas Makassar lah.

Apa?
BASO LAPANGAN TEMBAK SENAYAN!!
bwahahak...ya kami tau itu bukan asli Makassar lah.. tapi yaaaaa jam segitu gitu lho.. makan baso adalah ide menarik apalagi di cemplungin lontong oncom bekal bawaan gue. Sedap lah.

Tiba di Sorong, kami dijemput oleh pihak Grand Komodo, untuk di transfer ke Pelabuhan Usahamina dimana MV Putri Papua merapat. 

Kapal kami penampakannya kayak gini:
Di kapal itu ada 4 kabin untuk 9 tamu. 3 kabin isi 2 orang dan 1 kabin isi 3
Kabin 1 terletak diatas diisi oleh Panji & Gusvaldi
Kabin 2-4 terletak dibawah, formasi isi kamar adalah Ben & Kiki, Ibnu & istrinya Dian dan Gue Kikoy & Agnes
Kamar kami ber 3 kayak gini, ada 1 tempat tidur single dan 1 tempat tidur double. Kamar mandi di dalam. AC dingin. Sedaplah..

Sundeck kapal kayak gini
sedaplah buat jemur-jemur body biar eksotis atau sekedar nganga-nganga memandang laut lepas

lalu ini adalah tempat kami semua makan, nonton, goler2, ngetawain sesama

Dive gear dan camera station tempatnya kayak gini
sekaligus tempat buat briefing sebelum masuk air

Kami ber 9 diurus oleh 9 crew kapal. Termasuk diantaranya 2 dive guide dan chef. Iya kami bawa chef. manteb kaaaaaan..urusan perut terjamin. Padahal dari jakarta gue bawa 1 dus perbekalan cemilan, bukan takut kurang, cuma buat nambahin ajah mana tau pada galak-galak ngemilnya kaaaan? 

Dari Sorong kami berlayar sekitar jam 4 sore menuju Raja Ampat. Kami sempet ngobrol-ngobrol tampaknya kami gak bisa ke Wayag, karena saat itu sedang ada masalah antara penduduk dengan pemda *kalo gak salah* ...yaaaaah.... gak rejeki ya.. ya udah lah apa boleh buat.. emang beritanya udah kami dengar sejak beberapa bulan lalu sih. 

Sehabis makan malam, kami semua memutuskan buat nelen antimo aja. Kenapa? karena kapalnya goyang dombret, cuaca baik-baik saja tapi emang karena nyebrang laut lepas ajah, kalau liat di peta sebelah kanan udah samudera pacific toh? Jadi daripada makan malam enak keluar lagi dan gak bisa tidur, mending nelen antimo aja deh.

Besok pagi, gue bangun jam 6, kapal masih jalan. hmmm.. jauh juga ternyata. Setelah tanya sana sini rupanya kapal diarahkan langsung ke Wayag, dengan harapan kami bisa naik ke atas. Setelah 2 kali dive di Eagle Rock dan Black Reef, kami pun merapat ke pulau Wayag dan ternyata kami bisa naik!! yeay!!

uw!! bahagia!!! pantai kece!! cuaca cerah!!

Trus.. bagaimana caranya buat sampai ke tempat dengan foto ciamik kayak di kartu pos??
oke.. mari gue ceritakan..

gak jauh ya?
emang gak jauh...
Dari awal trip Panji udah wanti-wanti supaya gue olah raga sedikit dan bawa sepatu. Olah raga? yaaa gue gitu lho.. palingan berenang. Bawa sepatu? ya deh nurut walaupun sebenernya males ya dive trip bawa sepatu, tapi gue nurut aja secara Panji udah bolak balik ke situ.

Dari pantai kami masuk hutan, ah.. untung gue pake sepatu, jadi gak lecet.. tapi ternyata... jalan datar itu cuma sebentar, gue harus mendaki, yang tadinya badan gue masih bisa lurus, sepanjang perjalanan gue merangkak karena makin lama makin tegak aja kemiringannya dan medan jalannya bukan batu tapi karang!

gue sampe harus berenti berkali-kali buat menormalkan napas. Coba liat karangnya kayak gitu... ada di suatu tempat gue mesti merayap kesamping segala... ini trekking kok susah amat. 
Tapi.....
dengan semangat narsis yang maha tinggi.. akhirnya gue sampai juga!!!!
setengah mati manjat terbayar dengan pemandangan kayak gini
Naiknya setengah mati maka turunnya juga setengah mati hahahaha.. gak papa.. yang penting gue udah sampe!!! Sampai di bawah, sepatu gue lepas solnya dengan sukses, bukan main.. yaa sepatu gue udah tua juga sih, tapi gak nyangka aja sampe kayak gitu medannya.

Sunsetnya pun kece

Divingnya gue rangkum aja ya hehehe..
Selama di Raja Ampat gue diving di:
1. Eagle Rock
2. Black Reef
3. Imbraimuk Reef
4. Citrus Ridge
5. GAM Channel
6. House Reef Tanjung Putus (night dive)
7. Arborek Jetty
8. Manta Sandy
9. Manta Sandy
10. The Passage
11. Friwen Corner
12. Mioskon Reef
13. Cape Kri
14. Blue Magic
Gue cuma ikut sekali night dive, emang gak begitu seneng liat yang kecil-kecil dan udah sore, badan udah kering, males basah lagi hahahaha

Dive site yang gue liat tipe slope semua, gak ada arus, walaupun di beberapa tempat seperti GAM channel *ya iya lah namanya juga channel ya* dan the Passage konon berarus, tapi gue pas gak kena arus sih.
Kalau soal ikan, terutama di Mioskon Reef, ikannya luar biasa rame.. kusut
hidup tongsis!! hidup narsis!!
photo by Panji Laksmana

Wobegong gue liat nyaris tiap kali diving. Yang diving malam malah katanya liat crocodile fish. Pengen liat pygmie sea horse yang cuma segede beras yang liatnya mesti juling itu?? jangan kuatir.. disitu banyak. Gue pernah ngitungin di satu sea fan, ada 10 pygmie sea horse nangkring.

Pengen main-main di goa? di The Passage itu cakep sekali buat foto-fotoan dan itu terletak di Kabui yang areanya konon kayak di Halong Bay

Di Friwen Corner gue sempet agak bingung mau naik karena permukaan deket boat banyak banget ubur-ubur segede kepalan telapak tangan deh.. bagus deh..

Jadi.. secara garis besar trip Raja empat ini adalah ikan mah rame, coral juga bagus sehat warna warni, makanan enak banget dimasakin sama chef kapal *penting tauk!*, teman tripnya seru banget, seminggu di kapal gak terasa..kurang lama kayaknya.. 2 minggu kayaknya pas.. hahahaha..



hmmm.... next trip kemana yaaaaaaa

btw.. ingat sakit punggung yang gue ceritain tadi di awal cerita?? secara sekonyong-konyong hilang di setelah dive pertama!! hahahaha.. mejik!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar