Rabu, 04 September 2013

night dive

Tiba-tiba tadi pagi gue bangun dan teringat sensasi pertama kali night dive.

Sesungguhnya gue bukan penggemar night dive untuk alasan yang amat cemen. Gue takut setengah mati ketemu sama ular. Keadaan terang aja gue takut. Gimana kalo gelap dan tiba-tiba ular muncul depan muka???

Dulu pertama kali gue nyoba night dive di Tulamben spot USS Liberty wreck. Keadaan air sangat tenang. Masuk air kira-kira jam 6an deh, belum gelap banget. Gue bingung ketika guide nyenter ke dinding. Gue pikir dinding apaan. Ternyata itulah USS Liberty. Bego banget hahaha Senter sana.. senter sini.. kaget-kaget karena suka tiba-tiba ketemu ikan. Apalagi waktu itu yang nongol bump head. Dia kaget. Gue kaget. Pokoknya gue ngintil deket-deket guidenya lah. Yang tak terlupakan adalah ketika di kejauhan gue lihat "light saber" yang ditimbulkan oleh cahaya senter-senter para diver yang kebetulan sore itu cukup banyak yang turun masuk buat night dive. Keren banget. Gue baru terpikir akan ular ketika ketemu ular di nusa penida keesokan harinya. Aduh, kalo malam-malam gelap ketemu ular gimana???

Night dive berikutnya ketika gue ambil license advance di pulau Pramuka kepulauan seribu. Itu juga gue kurang senang lah. Gelap. Ya iyalah ya.. namanya juga night dive. Kalau terang namanya bukan night dive. Tapi di night dive ke 2 ini gue lebih waspada aja. Karena banyak yang bilang beberapa diver suka dis-orientasi, mana bawah dan mana atas. Gue sih enggak ngalamin kebingungan seperti itu. 

Berikut night dive gue jalanin di trip Komodo gue. Awalnya sih gue berniat gak ikutan night dive karena gak nemu fun-nya dimana di 2 night dive sebelum gue ke Komodo. Ternyata night dive di trip Komodo ini cukup spektakuler buat gue. Mungkin gue udah lebih santai dan guidenya cukup rajin nyari-nyari mahluk yang hanya bisa diliat kalau malam. Sepanjang trip Komodo, gue malah gak pernah bolos night dive. Kalau diver lain bermasalah dengan suhu air, gue mah enggak. lapisan lemak gue cukup menghangatkan hahaha jadi pake wetsuit 3mm buat gue udah kayak pake wetsuit 7mm.

Yang tak terlupakan di night dive Komodo selain banyak liat mahluk-mahluk baru adalah ketika kami nimbul di permukaan air, langit sama sekali gelap, sekitar kami pun gelap. Cahaya cuma dari kapal kami di kejauhan, jadi bintang-bintang tampak keren sekali, milky way pun tampak. Ketika perjalanan dari spot nimbul ke kapal, di mesin kapal dinghy kami, banyak yang berkerlipan lompat-lompat di air. Cantik!

Ditambah begitu naik dari dinghy ke kapal utama, lepas gear, crew kapal menyodorkan handuk panas... beeeeuh!!! Kebetulan fasilitas kapal live-on-board kami waktu itu keren banget.

Jadi cobain deh night dive dengan segala sensasinya banyak hal yang gak ada ketika dive di siang hari. Tapi bila dirasa gak nyaman, ya jangan. Ingat lah pada batasan-batasan diri. Jangan memaksakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar